Monday, February 28, 2011

Barisan Kata Magic



Di antara sekian banyak kosakata, ada beberapa kata yang mempunyai kekuatan  dan menjadi cerminan kemuliaan akhlak. Apalagi diucapkan dengan benar dan ikhlas, dan pada saat yang tepat. 


Kata-kata tersebut antara lain:
1. Terimakasih
Menunjukan kerendahan hati dan pengakuan akan jasa dan usaha orang lain. Ucapan terimakasih yang disampaikan pada tempatnya dan benar-benar sesuai maksudnya akan memberi bekas dalam hati dan membuat seseorang bersemangat untuk melakukan kebaikan itu sekali lagi.




2. Tolong
Kata ini digunakan saat meminta bantuan kepada orang lain dan untuk menegaskan bahwa saya tidak menyuruhmu apalagi memaksamu. Saya hanya memohon sedikit kesediaan darimu untuk melakukan hal itu, yang mungkin sudah berada di luar kemampuanku.


3. Silahkan
Kata ini berbentuk penghormatan yang tinggi. Menyiratkan makna bahwa saya menghormatimu, memuliakanmu, mempersilahkanmu dan ingin membahagiakanmu. Inilah apa adanya yang saya miliki, semoga tidak mengecewakanmu.


4. Saya telah bersalah
Tiga kata ini adalah termasuk salah satu kalimat yang susah untuk diucapkan. Sebab ia berkaitan erat dengan ego dan keakuan diri. Diri ini selalu ingin sempurna dan tidak pernah ingin berada ‘di bawah’ orang lain. Maka pengakuan akan salah dan lupa pada tempatnya menunjukan kekuatan jiwa 


5. Maaf
Ini adalah susulan dari pengakuan bersalah tadi. Mohon maaf kepada manusia dan mohon ampun kepada Allah. Maaf menyiratkan makna keterbatasan sebagai manusia yang tidak luput dari salah dan lupa. Asalkan kata maaf ini tidak dijadikan senjata untuk terus melakukan kesalahan. 


6. Saya Tidak Tau
Kata ini juga adalah cermin kejujuran akan diri sendiri. Juga berisi pengakuan atas kekurangan dan keterbatasan diri. Ia bisa menyelamatkan diri ketergelinciran dari sikap sok mantap dan sok tau yang kadang hanya mencelakakan diri sendiri.  Kalau tidak tau, katakan saya tidak tau. Itu lebih selamat. (Muma)

0 comments:

Post a Comment

Menjemput Harapan is wearing Blue Weed by Blog Oh! Blog | To Blogger by Gre at Template-Godown